FAKULTAS HUKUM UNSYIAH GELAR KAMPANYE BEBAS SAMPAH DALAM RANGKA HARI PEDULI BEBAS SAMPAH NASIONAL

Banda Aceh – Selasa, 19 Februari 2019 Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala menggelar acara Kampanye Bebas Sampah dalam Rangka Hari Peduli Bebas Sampah Nasional yang bekerjasama dengan Darma Wanita (DW) Universitas Syiah Kuala di Aula Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala. Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Dekan 2 Fakultas Hukum, dan pembicara Ibu Rama Herawati dengan tema “SAMPAHMU TANGGUNG JAWABMU!”, dalam acara ini turut hadir Ibu Wakil Rektor 4, Ketua Darma Wanita Fakultas Hukum, Ibu KTU Fakultas Hukum, Mahasiswa BEM, TIM Cleaning service, Dosen beserta Staf Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala.

Dalam kegiatan ini pembicara menyebutkan bahwa kebersihan itu sebagian dari iman, namun karena masalah sampah tidak pernah ada habisnya maka sampahmu adalah tanggungjawabmu sehingga segala kegiatan kita yang menimbulkan sampah harus diselesaikan hingga selesai. Pembicara juga menyebutkan alangkah baiknya bila pada setiap kegiatan langsung sediakan tempat sampah yang telah dipilah pilah berdasarkan jenisnya, yaitu tempat sampah kotak Kue/Nasi, tempat sampah plastik/Botol plastik, dan tempat sampah Residu.

Universitas Syiah Kuala juga telah memiliki Bank Sampah yang bertempat di depan Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala, namun untuk saat ini baru mampu menampung sampah daun, sampah plastik, dan sampah kertas dengan jadwal: Setiap hari untuk sampah daun; Setiap selasa untuk sampah kertas; dan Setiap kamis untuk sampah botol/kemasan plastik.

 

Setiap sampah yang diterima Bank Sampah akan dicatat satuannya (per karung plastik sampah) dalam buku Bank Sampah oleh petugas. Untuk sampah daun akan diolah menjadi pupuk kompos yang nantinya Pupuk Kompos tersebut dapat diambil oleh masing masing unit yang mengantar sampah daun tersebut, yang tentunya sesuai dengan jumlah yang diantarkan yang tercatat dalam buku Bank Sampah.

 

Harapan dengan diadakannya kegiatan Kampanye Bebas Sampah ini membuat lingkungan Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala dan sekitarnya menjadi lingkungan yang bebas sampah dan bebas asap pembakaran sampah.