Fakultas Hukum Unsyiah Juara 1 Debat Konstitusi MPR 2018

Jakarta – Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala Aceh berhasil menorah prestasi nasional yang membanggakan.  “Debat Konstitusi MPR Tahun 2018”  yang diikuti oleh seluruh fakultas hukum se Indonesia dimenangkan oleh perwakilan delegasi Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala  dalam babak final debat MPR yang mempertemukan fakultas hukum unsyiah dan fakultas hukum andalas, (Rabu/29)  Gedung Nusantara IV, komplek Parlemen Senayan.

Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 25 agustus ini diikuti oleh 35 universitas dari tiap-tiap provinsi seluruh indonesia ditambah 1 universitas juara bertahun tahun 2017. Fakultas Hukum Unsyiah yang sejak awal bertemu dengan Fakultas Hukum  UI, UIN Walisongo (Juara 3 Nasional  tahun 2017), STIH Umel Papua ini, berhasil keluar menjadi juara grup dalam babak penyisihan dan maju ke perempat final melawan fakultas hukum universitas Riau dan berakhir pada final.

Tim debat yang terdiri dari Rini Maisari, Muhammad Irsan, Raudhatul Jannah, dan pembimbing M. Zuhri SH.,MH ini,  berhasil tampil percaya diri saat perlombaan final berlangsung. Lomba yang di juri langsung oleh Pimpinan Badan Pengkajian MPR dari Kelompok DPD Bambang Sadono, anggota MPR Fraksi Partai Golkar  Rambe Kamarul Zaman, anggota MPR Fraksi PDIP Hendrawan Supraktino, anggota MPR Fraksi Partai Gerindra Martin Hutabarat, dan anggota MPR Fraksi PKS Tifatul Sembiring  ini berhasil memperoleh nilai tertinggi dari penilaian para juri.

Bahkan salah satu juri yakni Rambe Kamarul Zaman memuji penampilan fakultas hukum unsyiah yang sangat tenang dan sangat baik, dan mampu memahami substansi perdebatan yakni terkait dengan presidential threshold yang menjadi tema dalam final debat kali ini.

Dekan Fakultas Hukum Unsyiah Prof.Dr. Ilyas Ismail., S.H., M.Hum juga turut mengatakan, hasil ini merupakan ikhtiar dan perjuangan dari para mahasiswa dan pembimbing serta civitas akademika hukum unsyiah yang selalu melakukan inovasi dan bimbingan kepada para mahasiswa dan ini tentu sangat mebanggakan sekaligus mengharukan bagi kami karena mampu menjadi terbaik di nasional dan mampu membanggakan almamater kampus jantung hate masyarakat aceh ke pentas nasional.

“prestasi seperti ini, tentu dapat menjadi semangat bagi mahasiswa fakultas hukum universitas syiah kuala lainnya untuk senantiasa tampil dan menjadi yang terbaik dikancah nasional dan internasional” semoga tahun depan kita dapat meraih prestasi yang sama di setiap perlombaan nasional, ujarnya.