Pelepasan Delegasi Mahasiswa NMCC

Darussalam – Selasa (06/02/2018) UKM ALSA (Asian Law Student Assosiation) LC Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) mengadakan acara pelepasan delegasi 20 Mahasiswa Fakultas Hukum Unsyiah yang akan berangkat ke Palembang pada Rabu (07/02/2018). Keberangkatan 20 mahasiswa tersebut dalam rangka mengikuti National Moot Court Competition ( NMCC ). NMCC merupakan perlombaan peradilan semu nasional yang memperebutkan piala mahakamah agung. Tahun ini, ALSA LC Unsyiah kembali mengirimkan delegasinya untuk mengikuti NMCC di Palembang dengan berkompetensi dengan 16 Universitas ternama di seluruh Indonesia.

Nama-nama yang menjadi delegasi UKM ALSA LC Unsyiah di kejuaraan NMCC yakni Muhammad Al Kautsar, Ewaldo Tasmi, Andre Pratama, Aulia Fahmi, Ayu Wahyuni, Alfatih Rizka, ASshifa Ummami Kamaruzzaman, Boby Amanda, Cut Nabila Riavinola, Dina Luqyana, Dyan Maulana,M.Erza Mulia, M.Syauqi, M.Yusuf, Mutiara Mila Zanofa, Natasya Aziza Suhar, Oktavia Dwi Rahayu, Rizki Zhafran, dan Wahyu Abadi.

Ketua delegasi Ewaldo Tasmi mengatakan bahwa persiapan yang dilakukan sudah cukup matang dengan memulai persiapan dari jauh-jauh hari, hanya sedikit kendala yang dihadapi seperti tempat latihan, delegasi, pendanaan, pemberkasan dan mengejar waktu. Namun demikian, Ewaldo menyebutkan bahwa latihan yang sudah dimulai dari bulan Agustus 2017 hingga Februari 2018 membuat mereka sudah cukup siap mengikuti perlombaan. Ewaldo beraharap agar bisa memperoleh hasil yang lebih baik tahun lalu. Sebelumnya pada tahun lalu, ALSA LC Unsyiah berhasil membawa pulang juara 2 nasional pada kejuaraan NMCC di Manado. “kemarin dapat juara 2, sekarang semoga bisa dapat juara 1” tutur Ewaldo.

Unsyiah merupakan salah satu dari 3 universitas yang mengikuti NMCC di regional sumatera selain Universitas Andalas ( UNAND), dan Universitas Sriwijaya. Dengan ini, Ketua UKM ALSA LC Unsyiah Muhammad Al Kautsa berharap agar mereka bisa memenuhi ekspektasi masyarakat Fakultas Hukum Unsyiah khususnya dan masyarakat Unsyiah pada umumnya.

Sedangkan Dekan Fakultas Hukum Unsyiah Prof. Dr. Ilyas Ismail, S.H., M.Hum mengatakan, “Alhamdulillah saya lihat ada perkembangan yang signifikan terkait dengan persiapan delegasi UKM ALSA untuk mengikuti perlombaan di Palembang. Kampus memberikan dukungan baik dari segi moril dan juga materil dan finansial sesuai dengan panduan keuangan Universitas Syiah Kuala. Kita berharap bahwa nanti di Palembang membuahkan hasil yang maksimum, apalagi persiapannya sudah beberapa bulan siang malam hari kerja dan hari libur, luar biasa dan kita berikan apresiasi kepada mereka itu semua.” Ilyas menambahkan agar delegasi yang berangkat dapat menunjukkan sikap dan perilaku sebagai mahasiswa Fakultas Hukum Unsyiah yang berada di Provinsi Aceh yang terkenal dengan daerah syari’ah nya, sehingga di sana selain berkompetensi di dalam NMCC di piala mahkamah agung, juga dapat memperlihatkan perilaku tutur kata yang syar’i di kota Palembang.