Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD)

Darussalam - UKM HAHoe (Haba Aneuk Hukoem) mengadakan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) yang diikuti oleh sejumlah mahasiswa yang mendaftar untuk masuk ke UKM HAHoe. Acara ini dilaksanakan di Fakultas Hukum Unsyiah dengan mengusung tema "Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Mahasiswa Dalam Keilmuan Jurnalistik".
Kegiatan PJTD UKM HAHoe berlangsung pada hari sabtu (21/10/2017). Turut Hadir Sebagai Pemateri Bapak Ir. Marhiansyah (Jurnalis Senior), Irwansyah Putra & Risman A Rachman (Aceh Trend), dan Nursafri (Produser Metro TV Stasiun Aceh)

Dalam kata sambutannya ketua UKM HAHoe M. Andri Ghafary mengharapkan agar kegiatan ini nantinya mahasiswa yang nantinya bergabung ke dalam UKM HAHoe dapat mengembangkan dan meningkatkan ilmu jurnalistik yang mereka punya.

Irwansyah Putra yang mengisi sesi pertama kegiatan mengatakan pelatihan jurnalistik ini merupakan upaya kerja sama yang cukup baik yang dilakukan oleh ukm HAHoe. "Kedepan bukan tidak mungkin kerjasama ini dapat berkembang oleh universitas lainnya, baik negeri maupun swasta yang ada di Aceh untuk terus menggali ilmu tentang dunia jurnalistik."

Sebagai pembicara sesi ke-2, Risman A Rachman mengatakan "di era global ini perkembangan bergerak cepat dari semua sektor, jadi kita harus mempersiapkan diri untuk menambah pengetahuan agar terhindar dari shock culture".

Pada kesempatan yg sama, Risman juga menjelaskan tentang komunitas Steemit, ia menjelaskan bahwa untuk bisa bergabung di steemit, haruslah memiliki tulisan asli, karena jika penulisannya hasil dari plagiarisme, akun kita akan di bekukan. "Di Steemit penulis diberi imbalan dengan menulis, divoting oleh pengguna lain, berkomentar dan membagikan tulisan dari anggota kelompok Steemit lainnya. Tidak perlu terbentur oleh peraturan, karena di steemit semua hasil yang kita peroleh berdasarkan algoritma.