Bagian Hukum Internasional (HI) melakukan Field Trip ke Lanud Iskandar Muda

Bagian Hukum Internasional (HI), Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala pada hari Jumat, 20 Oktober 2017 melaksanakan program studi lapangan (fieldtrip) ke Pangkalan TNI AU Sultan Iskandar Muda (Lanud SIM). Kegiatan ini merupakan program rutin dari bagian HI dan untuk mata kuliah hukum udara pelaksanaan fieldtrip ini merupakan kegiatan yang kedua, setelah sebelumnya fieldtrip dilaksanakan di Air Traffic Controller (ATC/tower) Bandara SIM. Peserta fieldtrip terdiri dari mahasiswa yang memilih mata kuliah hukum udara internasional dan didampingi oleh dua orang dosen Bagian HI, yaitu : Rosmawati.,S.H.,M.H dan Lily Husni Putri.,S.H.,LL.M.

Tujuan Fieldtrip ini adalah agar mahasiswa dapat memperoleh informasi tambahan selain teori yang telah diperoleh dalam ruang kuliah, dan selain itu mahasiswa juga mendapatkan ide alternatif untuk penulisan tugas akhir mahasiswa. Fieldtrip ini berlangsung satu hari, dan atas arahan Komandan Pangkalan TNI AU SIM (Danlanud SIM), yaitu Danlanud Pnb. Suliono.,S.Sos maka kegiatan ini didampingi oleh Mayor Wahyu, Let.kol Arifin.,S.E., dan Let. Kol Elvian.

Materi yang disampaikan terkait dengan Tupoksi TNI AU dan penjelasan tentang prosedur penindakan di ruang udara. Setelah pemaparan dari TNI AU, mahasiswa diberikan kesempatan untuk bertanya terkait materi dan kasus pelanggaran ruang udara yang terjadi beberapa waktu yang lalu di Bandara SIM. Setelah sesi perkuliahan selesai, acara selanjutnya adalah shalat ashar berjama’ah yang diimami oleh Letkol Alfian,S.E dan dilanjutkan acara penyerahan cinderamata dari Dosen Pendamping kepada Letkol Evian. Kegiatan diakhiri dengan berkunjung/keliling di sekitar tempat tugas TNI AU dan kegiatan berfoto bersama.