Peluncuran Buku Dosen Fakultas Hukum Unsyiah

Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala, Selasa (5/9/2017) siang, meluncurkan (me-launching) enam buku yang ditulis oleh 13 dosen fakultas tersebut. Launching dilakukan di Aula Fakultas Hukum Unsyiah oleh Dekan Prof. Dr. Ilyas, S.H., M.Hum. yang dihadiri puluhan akademisi, mahasiswa, dan para undangan dari luar kampus.

Keenam buku tersebut masing-masing berjudul Hukum Adat, Perkembangan dan Pembaruannya di Indonesia, karya Dr Teuku Muttaqin Mansur M.H. Buku kedua karya Sulaiman Tripa, S.H., M.H. berjudul, Rekonstruksi Hukum Kebencanaan Berbasis Kearifan Lokal di Indonesia. Kemudian, buku berjudul Sisi Ulayat Laut, juga karya Sulaiman Tripa, S.H., M.H. yang ia tulis bersama Syamsul Bahri, SHI., MA. dan Dr. M. Adli Adbdullah, S.H., MCL. Selanjutnya, buku berjudul Hukum Perdata Indonesia dalam Perkembangannya, karya Kadriah, S.H., M.Hum, Susiana, S.H., M.H. dan Indra Kesuma Hadi, S.H., M.H. Buku lainnya ditulis bersama oleh Ilyas, S.H., M.Hum. Ishak, S.H., M.H. dan Yunita, S.H., LL.M berjudul Hukum Asuransi Indonesia. Terakhir, buku yang diluncurkan itu berjudul Ilmu Perundang-undangan, karya Mohd. Daud Yoesoef, S.H, M.H. M. Zuhri, S.H., M.H. dan Andri Kurniawan, S.H., M.H.

Menyertai launching enam buku tersebut, Dekan Fakultas Hukum Unsyiah, Prof. Dr. Ilyas, S.H., M.Hum mengatakan, peluncuran buku secara serentak membuktikan bahwa dosen-dosen Fakultas Hukum Unsyiah sangat produktif menghasilkan karya hukum dalam rangka melaksanakan tridarma perguruan tinggi. Menurutnya, selama ini buku-buku karya dosen di Unsyiah kurang terpublikasi dengan optimal. "Tapi dengan launching serempak ini kita harapkan gaungnya lebih besar. Ini juga menjadi momen pemicu untuk karya lainnya di masa mendatang. Kita berharap semakin banyak buku yang ditulis oleh dosen-dosen kita, baik secara individual, maupun kolektif," harap Prof Ilyas.

Wakil Dekan I Fakultas Hukum Unsyiah, Dr. Azhari, S.H., MCL. yang mengetuai launching buku itu menambahkan, dari enam buku tersebut, yang paling baru adalah karya Dr. Teuku Muttaqin Mansur, M.H. Hukum Adat, Perkembangan dan Pembaruannya di Indonesia yang memang baru dipasarkan pada September 2017.