Publishing Articles in International Journals

Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala mengadakan public lecture pada tanggal 24 Juli 2017 di Aula Fakultas Hukum. Public Lecture dengan tema “Publishing Articles in International Journals” disampaikan oleh Prof. Elizabeth Frances Drexler, Ph.D.

Public Lecture tersebut dimoderatori oleh Dr. Azhari Yahya, S.H., M.C.L., M.A., yang juga Wakil Dekan I Bidang Akademik Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala, diikuti sekitar 30 peserta yang terdiri dari dosen dan mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala.

Prof. Elizabeth Frances Drexler, Ph. D merupakan seorang Professor dari Michigan State University, USA. Dalam public lecture tersebut Prof. Elizabeth Frances Drexler, memaparkan bahwa ada kewajiban bagi akademisi untuk melakukan publikasi atas hasil penelitiannya pada jurnal-jurnal yang bereputasi merupakan suatu tantangan tersendiri.

Menurut Prof. Elizabeth Frances Drexler, untuk dapat mempublikasikan pada jurnal tersebut tentunya apa yang ditulis merupakan suatu kajian yang menarik. Sebagai contoh dalam konteks Indonesia misalnya tema yang berkaitan dengan kriminalisasi dalam kontek Hak Asasi Manusia (HAM) merupakan salah satu yang menarik untuk ditulis.

Selain itu menurut Prof. Elizabeth Frances Drexler, dalam melakukan publikasi pada Jurnal Internasional mempunyai keterkaitan dengan pengalaman yang ditemukan oleh peneliti sehari-hari ataupun bisa juga didapatkan dari membaca literature (literature review).

Pada public lecture itu, Prof. Elizabeth Frances Drexler memaparkan juga bahwa dalam melakukan publikasi pada Jurnal Ilmiah harus diperhatikan juga ketepatan jurnal yang dituju dengan artikel yang akan dipersiapkan. Untuk itu artikel haruslah tepat sasaran dan kekinian. Disamping itu perlu diperhatikan juga isu, topik, dan argumen-argumen yang dipergunakan dalam artikel tersebut.

Diakhir acara tersebut, Prof. Elizabeth Frances Drexler memberikan sejumlah tip agar hasil penelitian diterima untuk dipublikasi pada jurnal internasional bereputasi, diantaranya adalah peneliti perlu mencari jurnal terlebih dahulu, perhatikan syarat-syarat dari jurnal yang dituju, sesuaikan metodelogi, sesuaikan konteks, bahkan untuk penelitian sosial adakalanya harus dibingkai dengan kawasan atau negara.

Public lecture yang berlangsung hangat dan santai tersebut mendapat sambutan yang hangat dari peserta. Hal ini dapat dilihat pada keseriusan dan ketekunan peserta dalam mengikuti public lecture tersebut.