Seminar Nasional Hukum Keuangan Negara

Darussalam – Kamis (8/6/2017) Fakultas Hukum Unsyiah dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementrian Keuangan Republik Indonesia menggelar Seminar Nasional di Aula Fakultas Hukum Unsyiah. Acara Seminar Nasional ini digelar dengan tema “Pengelolaan Keuangan Negara dan Penyelesaian Tindak Pidana Korupsi”.

Turut hadir sebagai pemateri dalam mengisi acara seminar tersebut yaitu Drs. Siswo Sujianto, D.E.A (Ketua Tim Kerja Komite Penyempurnaan Manajemen Keuangan), Brigjen. Pol. Ahmad Wiyagus (Direktur Tindak Pidana Korupsi Reserse Kriminal POLRI), Ariawan Agustriartono (Penuntut Umum Komisi Pemberantasan Korupsi), dan DR. Dahlan Ali, S.H., M.Hum., M.Kn. (Dosen Fakultas Hukum Unsyiah).

Ketua Panitia Acara Seminar Ilham Muthahhari di dalam kata sambutannya mengatakan bahwa acara ini terselenggara atas inisiatif anti korupsi dari tingkat pusat hingga sampai dengan tingkat daerah yang oleh karenanya acara ini diharapkan mampu mengedukasi peserta seminar untuk dijadikan ilmu yang nantinya dapat dijadikan sebagai senjata dalam memberantas korupsi.

“Uang negara jumlahnya cukup besar dan seharusnya dikelola untuk kesejahteraan negara, namun masih banyak perkara terkait pengelolaan keuangan negara. Namun pada dasarnya segala sesuatunya sudah ada aspek hukum yang mengatur semua ini, sehingga tidak akan ada terjadi penyelewengan terhadap penyerapan anggaran dalam pengelolaan keuangan negara” tutur Brigjen. Pol. Ahmad Wiyagus didalam pembahasan materi.

Ariawan Agustriartono Penuntut Umum KPK menambahkan, “sejatinya ketika tidak ada intervensi antara suatu instansi kepada lembaga pengelolaan keuangan negara maka akan tercipta suatu mekanisme check and balance yang efektif, namun ketika justru suatu instansi mengintervensi pihak lembaga pengelola keuangan maka yang terjadi adalah sebaliknya.”