Juara 3 Debat Konstitusi Antar Perguruan Tinggi se-Indonesia Regional Barat Tahun 2016 Piala MK RI

Batam – Kompetisi debat Konstitusi antar Perguruan Tinggi se-Indonesia Regional Barat tahun 2016 yang diselenggarakan oleh Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia dilaksanakan sejak tanggal 19-21 April 2016 di Universitas Batam, Kepulauan Riau. Kompetisi ini di ikuti oleh 24 Perguruan Tinggi se-Indonesia yang berada di regional barat, yaitu meliputi wilayah Sumatra, Banten dan Jawa Barat. Sebelumnya, panitia penyelanggara telah menyeleksi para perguruan tinggi yang berada di Regional Barat melalui tahap eliminasi karya tulis ilmiah yang dikirimkan oleh setiap perguruan tinggi, sehingga pada tahap penyisihan regional ini terdapat 24 perguruan tinggi yang akan bertanding meperebutkan kesempatan untuk dapat maju ke babak nasional yang akan diselenggarakan pada tanggal 31 Mei – 3 Juni 2016 di  Pusat Pendidikan Pancasila dan Konstitusi Mahkamah Konstitusi, Cisarua Bogor.

Pada tahap regional ini tim delegasi dari Universitas Syiah Kuala yang di wakili oleh mahasiswa FH Unsyiah yaitu Zulfikar, Dwi Pragasa Ananda dan Aditya Rivaldi keluar sebagai juara ke 3 dari Regional Barat, setelah berhadapan dengan Universitas Indonesia pada babak perempat final, dan Universitas Padjajaran pada babak perebutan juara tiga. Sedangkan untuk juara 1 di raih oleh Universitas Indonesia, dan juara 2 di raih oleh Universitas Andalas.

Mahasiswa penggegas catlanget.com (Zul dan Dwi) beserta Aditya yang merupakan kader LDF AL-Ahkam FH Unsyiah ini mengharapkan agar kedepan Unsyiah dapat kembali meraih kemenangan di tingkat nasional, sehingga dapat mengharumkan almamater Unsyiah di kancah nasional. Kami sangat berterimakasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung kami untuk mengikuti kegiatan ini, baik kepada Bapak Zuhri, SH.,M.H (selaku pembimbing), Bapak Mukhlis, SH.,M.Hum (Selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FH Unsyiah), dosen-dosen beserta seluruh civitas akademika Unsyiah yang telah memberikan dukungannya, Ujar Zulfikar.

Kompetisi debat konstitusi yang diselenggarakan oleh Mahkamah Konstitusi ini merupakan agenda rutin setiap tahunnya yang dilakukan dengan tujuan untuk memperkenalkan nilai-nilai pancasila dan undang-undang dasar dalam perkembangannya kepada para mahasiswa.